Pertemuan Penyusunan Rencana Kerja Tahunan Penyuluh Tahun 2016

RKTPSebagaimana yang diamanat dalam UU Nomor 16 Tahun 2006 dan Permenpan Nomor : PER/02/MENPAN/2/2008 secara jelas dinyatakan bahwa salah satu kewajiban penyuluh adalah membuat Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP) dengan berpedoman pada programa penyuluhan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hal tersebut di atas dan dengan telah ditetapkan dan disyahkannya Programa Penyuluhan Provinsi Sumatera Barat, Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 25 Februari 2016 bertempat di Ruang Pertemuan Labdis BPTP Sumatera Barat telah melaksanakan fasilitasi penyusunan Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP) tahun 2016 yang diikuti sebanyak 30 orang penyuluh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

RKTP1Sekretaris Bakorluh Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Koordintor Penyuluh Provinsi Sumatera Ir. Joko Sutopo, M.Si., dalam amanatnya pada acara pembukaan pertemuan tersebut menyampaikan bahwa dalam penyusunan rencana kerja tahunan penyuluh tersebut tetap dan harus berpedoman pada programa penyuluhan sehingga rencana kerja tersebut harus merupakan gambaran dan penjabaran dari isi programa penyuluhan yang telah ditetapkan. Lebih lanjut disampaikan bahwa yang paling utama, bagaimana seorang penyuluh mampu menuangkan programa penyuluhan kedalam rencana kerja tahunannya dengan mencantumkan indikator-indikator cara pencapaian tujuan sebagai tolok ukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan di lapang.

Pada pertemuan tersebut disepakati bahwa rencana kerja tahunan penyuluh harus telah diserahkan ke Sekretariat Bakorluh Provinsi Sumatera Barat sebagai bahan pertimbangan untuk pengajuan permintaan Biaya Operasional Penyuluh (BOP) tahun 2016 paling lambat pada minggu kedua bulan Maret 2016. (rinput_kjf_2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *