Temu Teknis Penyuluh Perkebunan PNS Kabupaten / Kota Se Sumatera Barat

warta 1

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 91/Permentan/01.140/9/2013, tentang pedoman evaluasi kinerja penyuluh, dalam rangka membangun sumber daya manusia pertanian yang berkualitas dan handal, diperlukan Penyuluh Pertanian yang profesional, kreatif, inovatif dan berwawasan global dalam penyelenggaraan penyuluhan yang produktif, efektif dan efisien. Penyuluh Pertanian (Perkebunan) diarahkan untuk melaksanakan tugas pendampingan dan konsultasi bagi pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengembangkan usaha agribisnisnya, sehingga adopsi teknologi tepat guna dapat berjalan dengan baik dan pada gilirannya meningkatkan pemberdayaan pelaku utama, produksi, produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani beserta keluarganya.

warta 2Penyuluh pertanian yang membidangi perkebunan berkewajiban membina pelaku utama dan pelaku usaha bidang perkebunan, agar mereka mau dan mampu mengembangkan usaha taninya dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraannya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Sumatera Barat selaku Pembina Penyuluh Pertanian di Sumatera Barat bertempat di Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman tanggal 16 Maret 2016 telah dilaksanakan Temu Teknis Penyuluh Perkebunan Tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan thema “Penataan kelembagaan Tani Perkebunan Berbasis Pola Kemitraan”. Pada pertemuan tersebut dihadiri oleh penyuluh perkebunan kabupaten/kota se Sumatera Barat.

Temu teknis penyuluh perkebunan tersebut dilaksanakan dengan metode pemberiaan materi oleh narasumber yang berasal dari Tim Kelompok Jabatan Fungsional Sekretariat Bakorluh Sumatera Barat dengan judul “Strategi pengembangan kelembagaan petani”.   Yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi, kunjungan lapang langsung ke kebun petani kakao dan diteruskan ke pabrik mini pengolahan kakao yang beradan di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman

Diharapkan dari hasil pertemuan ini, agar penyuluh perkebunan dapat menerapkan pada kelompok binaannya dalam rangka peningkatan produktifitas yang pada akhirnya berujung pada peningkatan pendapatan petani. (Rina Putra_KJF_2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *