Workshop Penyusunan Programa Penyuluhan dan RKTP – Bakorluh Sumbar

DSC02814

Padang. 3 Maret 2016

Bakorluh Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 2 – 3 Maret 2016 melaksanakan Workshop Penyusunan Programa Penyuluhan dan RKTP Tahun 2017 di HW Hotel jalan Hawam Wuruk Padang. Kegiatan ini merupakan bagian dari fasilitasi Bakorluh terhadap kegiatan penyuluhan di Provinsi Sumatera Barat yang difasilitasi dari dana APBD.

Penyelenggaraan Workshop ini merupakan bagian awal dari proses penyusunan programa penyuluhan provinsi Sumatera Barat tahun 2017 yang bersesuaian dan berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota serta dengan rencana kegiatan SKPD yang terkait dengan kegiatan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan di Provinsi Sumatera Barat.

DSCF4332Workshop ini mengundang Koordinator Penyuluh dan Kasubag Perencanaan/Program dari dari Badan, Dinas atau Intansi terkait yang menangani penyuluhan di Kabupaten/Kota, serta perwakilan SKPD yang terkait dengan kegiatan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan di Provinsi Sumatera Barat, seperti Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Perkebunan, Badang Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Kelautan. Peserta yang hadir berjumlah 50 orang.

Dalam Workshop tersebut Kepala Sekretariat Bakorluh Ir. Yeflin Luandri, M.Si, berpesan kepada peserta:

“Programa Penyuluhan adalah suatu kewajiban tahunan yang harus disusun oleh setiap penyuluh, akan tetapi yang terpenting dari kewajiban tersebut adalah bagaimana Programa yang disusun tersebut bernilai guna, bermanfaat dan dapat dilaksanakan melalui kegiatan penyuluhan dengan dukungan dana penyuluhan yang kuat”. Ir. Yeflin Luandri, M.Si. mengharapkan agar programa penyuluhan yang disusun tidak sekedar melepas tanggung jawab, namun rencana kegiatan penyuluhan yang tersusun di dalamnya adalah rencana kegiatan yang betul-betul dibutuhkan oleh petani, masyarakat petani dan pelaku usaha di Provinsi Sumatera Barat serta didukung secara partisipatif oleh semua pihak terkait.”

DSC02832

Diantara peserta berharap, kegiatan-kegiatan yang direncanakan dan disusun dalam Programa Penyuluhan tahun 2017 nanti, dapat didukung oleh dana penyelenggaraannya, sehingga benar-benar dapat terlaksana.

Workshop Penyusunan Programa Penyuluhan tahun 2017 ini menghadirkan nara sumber sebagai berikut: (1) Ir. Yeflin Luandri, M.Si. dengan judul Kebijakan Pembiayaan Pertanian, (2) Ir. Eva Manjas, M.Si. dari Balai Diklat Pertanian Provinsi Sumatera Barat dengan judul Penyusunan RUK dan RUB, (3) Ir. Harmaini Penyuluh Pertanian dari Labor Diseminasi BPTP Sumbar dengan judul Identifikasi Potensi Wilayah dan Agroekosistem, (4) Ir. Joko Sutopo, M.Sc. Koordinator Penyuluh Provinsi Sumatera Barat dengan judul Penyusunan RKTP dan (5) Tim KJF Bakorluh Sumbar dengan judul Penyusunan Programa. (Irwan_KJF_2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *